PSMS Medan Sriwijaya FC PSM Makasar Persiwa Wamena Pelita Jaya Persipura Persita Persijap PKT Bontang Persela Persib Persik PSIS Deltras Persiba Persija Persitara Arema PSSB Persiraja Persisam Gresik United Persih PSAP PSIR PSPS Persikab Persigo PSP Persikad Persiba Bantul PSS Persekabpas Persibom Persikota Semen Padang Mitra Kukar Persibo Persikabo PSIM Persis Perseman Persiku Persema Persebaya
Persebaya

Rabu, September 03, 2008

(0) Comments

Persikota Tangerang

INDOFOOTBALL



Nama lengkap : Persatuan Sepak Bola Indonesia Kota Tangerang

Julukan : Bayi Ajaib
Didirikan : 1994
Alamat : JL. TMP Taruna (Stadion Benteng) Tangerang
Stadion : Stadion Benteng, Tangerang, Banten, Indonesia
Kapasitas : 40.000
Ketua Umum :
Sekretaris : Drs. Sahril, H.Mc
Bendahara :
Manajer : Ir. H. Achmad Dasuki
Pelatih : Mundari Karya
Asisten Pelatih :
Dokter Tim :

Sejarah Singkat

Sejarah Persikota dimulai dengan lahirnya Kotamadya Tangerang pada tahun 1993, sebagai pengembangan kawasan Tangerang sebagai penyangga ibukota Jakarta. Keberadaan Kotamadya Tangerang kemudian membuat masyarakat Kotamadya Tangerang membentuk klub perserikatan sepakbola pada 11 Oktober 1994.

Sesaat setelah terbentuk Persikota, melakukan debut ujicoba dengan mengikuti pertandingan sepakbola Porda (Pekan Olahraga Daerah) Jawa Barat V di Serang, September 1995 mewakili Kotamdya Tangerang. Tim yang sempat dilatih Sukma Sejati , lolos dari babak kualifikasi Pra Porda, dan lolos ke Porda. Hanya saja, karena sempat terjadi kevakuman latihan akibat transisi pelatih dari Sukma Sejati kepada pelatih pengganti Andi Lala, menyebabkan kesebelasan ini hanya mampu melangkah sampai ke perempat final di Porda.

Seusai Porda, Persikota melalui Kongres PSSI pada akhir Desember 1995, dikukuhkan sebagai anggota penuh perserikatan PSSI dan dinyatakan berhak mengikuti kompetisi Divisi II PSSI. Sejak itu, Persikota pun mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi Divisi II Liga Indonesia 1995/1996.

Aksi tim pendatang baru tersebut cukup mencengangkan, Persikota berhasil keluar sebagai juara Divisi II 1995/1996, setelah dalam pertandingan final di Stadion Benteng Tangerang memukul 2-0 Persipal Palu dan menekuk 1-0 Persewangi Banyuwangi. Sehingga Persikota pun berhak naik jenjang ke Divisi I Liga Indonesia.

Memasuki musim kompetisi Divisi I Liga Indonesia 1996/1997, Persikota mulai memperoleh julukan Si Bayi Ajaib karena sejak debutnya yang mengejutkan di Divisi II tidak pernah terkalahkan. Guna mempersiapkan kesebelasan yang memadai di Divisi I, Persikota yang sebelumnya telah merekrut sejumlah pemain nasional asal Klub Pelita Jaya dan Persija Pusat, kini merekrut pula beberapa pemain nasional dan pemain asing Francis Yonga (Kamerun) dan Ali Shaha (Tanzania).

Pertandingan Divisi I pun bergulir, dan Persikota sukses menjadi Juara Penyisihan Grup tanpa terkalahkan. Bila di Divisi II Persikota tak terkalahkan, dalam kompetisi Divisi I Persikota sempat menelan pil pahit dipecundangi Persiter Ternate 4-3, saat putaran sepuluh besar Divisi I di Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Beruntung pada pertandingan selanjutnya mereka berhasil meredam PSSB Bieruen Aceh 5-2 dan PSS Sleman 3-0. Hanya melawan tuan rumah PSIM Yogyakarta, Persikota bermain draw 0-0. Hasil ini menempatkan Persikota masuk semifinal Divisi I.

Di semifinal Persikota menekuk Perseden Bali, sementara PSIM Yogyakarta melibas Persikabo Bogor. Grand Final yang dilangsungkan di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, menjadi bukti kehebatan Persikota dengan menekuk PSIM 3-1 sehingga menjadikannya Juara Divisi I Liga Indonesia 1996/1997.

Memasuki Divisi Utama Liga Indonesia 1997/1998 Persikota mengganti pelatih Andi Lala dengan Sutan Harhara. Ditangan pelatih ini debut Persikota kembali mengejutkan lawan-lawannya. Tak heran jika sebutan Bayi Ajaib menjadi julukan populer bagi tim yang masih muda ini. Persikota berhasil menempati papan atas Liga Indonesia Wilayah Tengah sebelum akhirnya liga dihentikan.

Aksi Persikota terus berlanjut pada musim berikutnya sehingga mereka berhasil menjadi juara Grup C Liga Indonesia musim berikutnya, dan masuk babak 10 besar. Sayang di babak 10 besar, Persikota gagal maju ke babak selanjutnya.

Tak patah arang, Persikota kembali menunjukkan keperkasaannya pada Liga Indonesia 1999/2000 dengan maju ke babak delapan besar setelah menempati posisi ke-3 Wilayah Barat. Pada babak delapan besar Grup B yang dimainkan di Senayan, Persikota berhasil menjadi juara grup, dan maju ke semifinal. Sayang ambisi Persikota harus kandas di semifinal, saat dikalahkan oleh Pupuk Kaltim Bontang dengan skor 3-4. Prestasi tersebut sejauh ini merupakan pencapaian tertinggi Persikota. Meski selalu diunggulkan, Persikota kemudian hanya berada di papan tengah atas pada Liga-liga Indonesia selanjutnya.

Tahun, Kejuaraan & Prestasi

1995/1996 : Juara Divisi II (promosi ke Divisi I)
1996/1997 : Juara Divisi I (promosi ke Divisi Utama)
1998/1999 : 10 Besar Divisi Utama (juara Grup C Wilayah Tengah)
1999/2000 : Semifinal Divisi Utama
2001 : Peringkat 5 Wilayah Barat
2002 : Peringkat 6 Wilayah Barat
2003 : Peringkat 6 Wilayah Barat
2004 : Peringkat 5 Wilayah Barat
2005 : Peringkat 11 Wilayah Barat
2006 : Peringkat 7 Wilayah Barat
0 Responses to "Persikota Tangerang"

Posting Komentar

Profil Bintang

Bokay Eddi Foday "Si Kurus Beri Bukti"

Postur kurus kerempeng dan tinggi menjulang yang dimiliki Bokay Eddie Foday kurang ideal untuk ukuran pesepak bola profesional. Kala pertama kali menukangi Persiwa di awal musim, Suharno sempat meragukan kemampuan striker kelahiran Monrovia, Liberia, 28 Mei 1986 yang telah tiga musim membela panji The Highlander itu.

Pandangannya baru berubah saat menyaksikan Bokay beraksi di lapangan. "Dia memang striker bagus," puji Suharno. Selengkapnya


Aun Carbiny "Bek Subur"

Berada di posisi belakang bukan berarti punya peluang sedikit untuk mencetak gol. Itu telah dibuktikan oleh seorang Aun Carbiny. Stopper PSMS ini kembali jadi pahlawan kemenangan PSMS.

Pemain 24 tahun tersebut menjadi pencetak gol tunggal Ayam Kinantan saat mengalahkan VB Sport dalam lanjutan penyisihan AFC Cup Gru G.

Selain memuluskan langkah PSMS ke 16 besar, dengan gol itu pula, Selengkapnya

Berita Terbaru

blog-indonesia.com Football Blogs - BlogCatalog Blog Directory TopOfBlogs Add to Technorati Favorites KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia 100 Blog Indonesia Terbaik Blog Terbaik
IndoTopBlog, Kumpulan Blog dan Situs Indonesia